SOURCE



SOURCE
A.  Pengertian open source
        dapat kamu baca dan pahami di artikel ini. Open source adalah suatu istilah yang digunakan untuk software (perangkat lunak) yang membuka atau membebaskan source codenya dapat dilihat oleh pengunanya, dan membiarkan penggunanya dapat melihat bagaimana cara kerja dari software tersebut serta penggunanya juga dapat memperbaiki atau mengembangkan software tersebut menjadi lebih baik lagi
B. Kekurangan open source
  • Kurangnya dukungan vendor : Harus diakui, masih cukup banyak vendor – baik Hardware, Software, ataupun Game – yang belum memberikan dukungan penuh pada Open Source. Dan hal ini tentu saja cukup menghambat perkembangan Open Source.
  • Kurangnya dukungan support : Karena belum cukup memasyarakat, maka dukungan support juga masih cukup sulit untuk ditemukan. Support untuk Open Source selama ini masih banyak bergantung pada Internet (baca : Google). Sehingga cukup menyulitkan mereka yang tidak mempunyai akses penuh pada Internet.
  • Kurangnya dukungan bisnis : Pandangan bahwa Open Source adalah gratis dan tidak bisa membaa manfaat bisnis sangat menghambat para pebisnis yang akan terjun di Open Source. Kurangnya dukungan dari pebisnis ini membuat Open Source tidak bisa mempromosikan dirinya secara baik dan ini secara tidak langsung membuat pengenalan Open Source menjadi lebih lambat.
  • Kurangnya promosi : Masih banyak orang yang beranggapan Open Source susah untuk dipergunakan, padahal perkembangan Open Source belakangan ini sudah cukup pesat dan bahkan dalam beberapa hal terkadang mampu menggungguli produk closed souer

 

·       Kurangnya SDM yang bisa memanfaatkannya
         Ketersediaan adanya source code yang diberikan menjadi suatu hal         malapetaka yakni menjadi sia-sia, apabila SDM yang ada tak bisa menggunakannya.

·       Tidak ada proteksi terhadap HaKI

·       Tidak ada garansi dari pengembang

·       Kesulitan mengetahui status project

A. Kelebihan open source
1. Kreatif
     Dengan Sistem Operasi Open Source kita bisa secara langsung mempelajari cara kerja suatu perangkat lunak, memodifikasi, atau bahkan membuat pordukyang baru dengan sumber daya yang ada.

2. Mandiri
    Dengan Open Source ini kita tidak perlu bergantung lagi dengan suatu produk tertentu, bahkan kita bisa membuat produk yang sekelas dengan perusahaan yang memiliki skala raksasa seperti halnya Microsoft.

3. Hemat Biaya
   Open Source kadang diberikan secara gratis hal ini tentunya tidak membeli produk Close Source yang berlisensi.

4. Hemat Devisa
   Menggunakan Open Source juga menyelamatkan devisa negara karena tidak selalu terus-terusan menggunakan produk dai negara lain terlebih berbayar.

5. Legalitas
   Open Source memungkinkan kepada penggunanya agar tak lagi menggunakan milik orang lain secara tidak sah atau dengan kata lain kita tidak perlu menjadi seorang pencuri atau pembajak.
C.Macam-macam lisensi software
A.  Pengertian Software:
        1.  Freeware, artinya software tersebut gratis untuk digunakan,
Anda tidak bisa melihat source code software tersebut, biasanya disertai syarat tidak boleh memodifikasi software tersebut. Ada pula yang disertai syarat harus untuk kepentingan non-komersial. Tetapi syarat mutlak sebuah software disebut freeware adalah tanpa batasan jumlah dan waktu pemakaian.

      2. Shareware, artinya software tersebut dapat didownload dan digunakan pengguna hanya untuk dicoba. Jika pengguna merasa softwarenya bagus, maka diharuskan membeli. Shareware sering   dibatasi lamanya waktu pakai (misalnya trial 30 hari), atau jumlah software tersebut dijalankan (misalnya 30x), atau feature-feature tertentu yang tidak bisa diakses. Sesudah masa ujicobanya berakhir, software bisa saja terkunci atau bisa saja tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

    3. Adware, artinya software tersebut gratis, tetapi ada iklan yang muncul ketika dijalankan. Iklan dapat muncul baik pada saat start, atau muncul di sela-sela penggunaan.

    4. Open Source, artinya software yang source code-nya dibuka ke publik, Anda bisa memodifikasi dan mendistribusikan atau mempublikasikan source code hasil modifikasi dengan syarat-syarat tertentu, misalnya dengan tetap mempertahankan nama softwarenya.

D. Contoh software Open Source:

1. Linux
       Linux saat ini, bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan software, dan untuk pekerjaan sehari-hari. Kebebasan bagi programmer dan administrator jaringan dalam menggunakan linux, adalah kebebasan memperoleh kode sumber (source code) dan mengubahnya sesuai keinginan. Hal ini berimplikasi pada beberapa hal penting, yaitu : keamanan dan dinamika. Karena sifatnya yang kompatible dengan UNIX maka linux dapat berinteraksi dengan sistem operasi lain seperti windows, Macintosh, netware dan lain-lain

2. Apache
           Apache dikeluarkan oleh NCSA yaitu NCSA HTTPd sekitar tahun 1995, yang merupakan turunan dari web server. Pada dasarnya Apache adalah “A PAtCHy” (patch) dan pengganti dari NSCA HTTPd.

3. Open Office.org
          Open Office.org merupakan perangkat lunak yang termasuk open sorce karena siapapun dapat mengaksess kode sumbernya dan dapat merubah kode sumbernya. OpenOficce.org bisa digunakan dengan sistem operasi windows dan linux.

4. Mozilla FireFox
          Mozilla Firefox merupakan perangkat lunak open-source yang paling banyak digunakan. Dikarenakan Mozilla termasuk sebuah browser web yang kecil, cepat, dan simpel. Mozilla mempunyai kelemahan yaitu akan crash jika membuka halaman Web yang sangat besar dan memiliki JavaScript, namun hal ini telah diperbaiki. karena Mozilla bersifat open source maka kekurangan seperti diatas dapat diperbaiki dan dikembangkan.

5. MySql
       Aplikasi MySql ini dapat berjalan disemua platform baik Linux maupun Windows, MySQL sendiri merupakan sebuah aplikasi yang bisa dipergunakan untuk membuat database yang bersifat terbuka atau open source. Dan merupakan program pengakses database yang bersifat networking sehingga dapat digunakan untuk aplikasi Multi User (Bisa digunakan oleh banyak Pengguna), MySQLmerupakan aplikasi yang paling populer di kalangan para pengembang bahasa pemrograman PHP dan banyak digunakan untuk situs web, aplikasi web dan layanan online lainnya.

6. OpenOffice : paket program perkantoran untuk mengolah kata, tabel, dan database.

7. ClamAV & ClamWin : program antivirus.

8. GIMP : program pengolah foto dan gambar digital.

9. Audacity : program perekam dan pengolah audio.

10. VideoLAN : program pemutar file multimedia (audio dan video)

11. Blender : program untuk pembuatan model 3 dimensi, seperti animasi dan game.

12. XAMPP : paket program untuk simulasi dan pengembangan web, termasuk di dalamnya Apache (web server) dan MySQL (database).

13. osCommerce : program aplikasi web untuk toko online.

14. PostgreSQL
      PostgreSQL tersedia untuk berbagai macam platform sistem operasi seperti Mac, Windows, Solaris dan juga Linux. PostgreSQL merupakan sebuah aplikasi sistem basis data (database) yang bisa Anda sebarluaskan dan dipergunakan oleh semua pengguna komputer secara bebas menurut perjanjian lisensi BSD. PostgreSQL sendiri menawarkan berbagai macam fitur dan menu yang berguna untuk sebuah pembuatan basis data.Fitur-fitur unggulan yang disediakan dan ditawarkan PostgreSQL antara lain DB Mirror, PGPool, Slony, PGCluster, dan lain-lain. Sistem basis data pada PostgreSQL merupakan sebuah
sistem database yang cukup kuat dari segi keamanan data, aplikasi database open source ini memiliki pengalaman dan juga pengembangan aplikasi lebih dari 15 tahun dan sudah terbukti segala rancangan
arsitektur databasenya telah mendapat reputasi yang kuat, handal, integritas data yang baik, serta keakurasian datanya yang baik.

15. Pidgin
         Merupakan sofware open source untuk akses layanan olah pesan instan, berdasarkan dari sebuah perpustakaan yang bernama Libpurple.

16. Inkscape
      Adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas dibawah lisensi GNU GPL.

17. Amarok adalah cross-platform pemutar musik gratis dan open source

18. Thunderbird      
       Aplikasi mail client (MUA – Mail User Agent) yang fungsinya sama dengan Outlook Express, Eudora Mail, Evolution, Sylpheed, dan sejenisnya.

19.  Filezilla              
        Program aplikasi jaringan yang berguna untuk transfer file via protokol FTP di jaringan komputer atau internet.Versi terbaru program ini adalah FileZilla 3.5.3, yang dirilis pada tanggal 08 Januari 2012. Software FileZilla dibuat dan dikembangkan oleh Tim Kosse.

20.  Wine            
      Aplikasi perangkat lunak bebas dan sumber terbuka yang bertujuan untuk memungkinkan aplikasi yang dirancang untuk Microsoft Windows untuk berjalan di Unix-seperti sistem operasi. Wine juga menyediakan perpustakaan perangkat lunak, yang dikenal sebagai winelib, terhadap yang pengembang dapat mengkompilasi aplikasi Windows untuk membantu pelabuhan mereka untuk sistem Unix-like.

21. GIMP                  
     Perangkat lunak untuk manipulasi grafik berbasis raster.

22.  Mplayer               :
      Sebuah pemutar musik yang tergolong sumber terbuka dan bebas.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Android Os dan Tizen Os

LINUX